Perlu anda ketahui berikut Cara dokter mendeteksi kista ovarium

Perlu anda ketahui berikut Cara dokter mendeteksi kista ovarium,- Kista ovarium yang muncul biasanya tidak menunjukkan tanda dan gejala apapun. Sehingga kondisi ini akhirnya tidak terdeteksi sama sekali. Namun meski tidak menunjukkan gejala, kista tetap bisa didiagnosis dengan metode tertentu.

Ketika melakukan pemeriksaan, wanita akan ditangani oleh dokter ahli kesehatan reproduksi wanita atau ginekolog. Wanita pun harus menjalani tes fisik dan fokus pada gejala yang di tunjukan.

Setidaknya ada tiga hal yang dicatat oleh dokter ketika mendeteksi kista ovarium, yaitu:

Bentuk kista

Ukuran kista

Komposisi kista, apakah di dalamnya berupa sel cair atau padat atau keduanya.

Setelah itu menurut Medical News Today, dokter akan melakukan beberapa tes untuk mendeteksi kista ovarium secara lebih akurat.

Tes kehamilan. Sebuah tes kehamilan yang bisa menunjukkan wanita mungkin menderita kista korpus luteum yang berkembang akibat folikel yang pecah dan cairan sisa pecahan terkumpul dan membentuk kista.
Laparoskopi. Alat yang ramping dan berlampu dimasukkan ke dalam perut melalui sayatan kecil. Dokter kemudian dapat mengamati kondisi ovarium sampai langsung mengangkatnya.

Ultrasonografi. Proses pemeriksaan ini menggunakan sebuah alat scanner yang bentuknya mirip tongkat ditempatkan pada perut di sekitar ovarium. Terkadang alat juga ditempatkan di dalam vagina wanita. Dokter kemudian mengamati ovarium di layar video. Tes ini dapat membantu dokter untuk mengetahui apakah ada kista padat, cairan, atau keduanya.

Tes darah. Jika ada tumor dalam kista, protein CA125 kadarnya akan meningkat. Adanya jumlah tinggi dari protein tersebut juga bisa berarti bahwa pasien menderita kanker ovarium. Biasanya, kista padat memang lebih berbahaya dan memicu kanker. CA125 yang tinggi juga mengindikasikan kondisi lain, seperti endometriosis, fibroid rahim, atau penyakit radang panggul.

Meski tidak merasakan gejala dari kanker ovarium, tidak ada salahnya jika wanita memeriksakan dirinya ke dokter. Sebab penanganan bisa dilakukan secara maksimal jika kista ovarium berhasil terdeteksi sejak dini.

Posted by : Obat Wasir >> Obat Wasir Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>